Surat suara sudah di distrik untuk disalurkan ke kampung yang ada tempat pemungutan.

REPUBLIKA. CO. ID,   JAKARTA — Ketua Bawaslu Boven Digul Frans Asek menyatakan, Boven Digoel siap melaksanakan pemungutan suara di 20 distrik pada Senin (28/12) besok. Surat suara seluruhnya sudah sampai di distrik yang kemudian disalurkan ke kampung-kampung yang ada wadah pemungutan suara.

“Tercatat 36. 882 pemilih yang akan mencoblos di 220 TPS, ” kata Asek, Ahad (27/12) petang.

Ketika ditanya tentang 1. 274 surat suara dengan rusak, Asek mengaku, sudah tiba sekitar jam 14. 00 WIT di Tanah Merah dan langsung disortir. “Surat suara yang hangat tiba itu nantinya digunakan dalam TPS yang ada di kira-kira ibu kota kabupaten sehingga tak mempengaruhi pendistribusian, ” kata Frans Asek.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Kamal yang bekerja sebagai perwira pemantau wilayah (pamatwil) mengatakan, 520 personel saat tersebut siap mengamankan pemungutan suara pada Boven Digoel. “Situasi kamtibmas secara keseluruhan relatif aman dan terarah, ” kata Kamal yang mengaku sudah berada di Tanah Merah.

Ditundanya pengumpulan suara di Boven Digul terkait sengketa di Bawaslu Boven Digul yang dalam putusannya memutuskan bagian Yusak Yeluwo-Yacob Waremba ikut kembali dalam pilkada. Pilkada Boven Digul diikuti empat pasangan calon bupati dan wakil bupati yakni paslon Lukas Ikwaron-Lexi Romel, paslon Chaerul Anwar-Nathalis B Kaket, paslon Martinus Wagi-Isak Bangri dan paslon Yusak Yeluwo -Yacob Waremba.