IHRAM.CO.ID, Islam begitu memudahkan pemeluknya dalam menjalankan syariat. Dalam hal ibadah misalnya, seseorang yang telah bersusah payah mencari air untuk berwudhu namun tidak juga menemukannya, maka dapat menggantinya dengan bertayamum. Dengan tayamum maka seseorang tersebut suci dan dapat melaksanakan sholat.

Begitu pun terkait dengan tempat sholat. Seseorang yang kesulitan menemukan masjid ketika telah masuk waktu sholat maka dapat sholat di mana pun asalkan tempat tersebut suci atau tidak ada najisnya serta tubuh dan pakaian yang dikenakan pun suci. Misalnya sholat di rumput, sholat di atas batu, sholat di perahu dan lainnya.

Itu sebabnya umat Muslim itu lebih unggul dibandingkan dengan orang-orang lain di luar Islam. Yakni karena umat Islam itu diberikan berbagai kemudahan dalam beribadah serta diberikan kedudukan yang sangat tinggi.

Sebagaimana dalam kitab at Targib wat Tarhib menuliskan sebuah hadits Rasulullah ï·º yang diriwayatkan Imam Muslim:

وَقَالَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ  : فُضِّلْنَاعَلَى النَّاسِ بِثَلَاثٍ جُعِلَتْ صُفُوْفُنَا كَصُفُوْفِ الْمَلَا ئِكَةِ , وَجُعِلَتْ لَنَاالْاَرْضُ كُلَّهَامَسْجِدًاوَجُعِلَتْ تُرْبَتُهَالَنَا طَهُوْرً اِذَالَمْ نَجِدِالْمَاءَ.

Rasulullah ï·º bersabda, kita diunggulkan atas manusia (maksudnya umat Islam lebih diunggulkan dari manusia lainnya di luar Islam) dengan tiga perkara, yaitu dijadikan shaf-shaf kita ketika berjamaah seperti shaf-shafnya para malaikat, dijadikan bagi kita bumi dan semuanya sebagai tempat bersujud, dan dijadikan tanah bagi kita sebagai alat untuk bersuci.