Pemda harus mendorong tersedianya fasilitas jalur istimewa dan tempat parkir sepeda.

REPUBLIKA. CO. ID, JAKARTA — Pemerintah sudah menerbitkan Peraturan Menteri (PM) Perhubungan Nomor 9 Tahun 2020 tentang Keselamatan Pesepeda di Bulevar. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menegaskan saat masyarakat bersepeda oleh karena itu harus mentaati regulasi tersebut.

“Saya  berharap kepada masyarakat untuk selalu menggunakan logistik keselamatan saat mengendarai sepeda serupa yang telah diatur dalam PM Nomor 59 Tahun 2020, ” kata Budi dalam acara virtual Pekan Nasional Keselamatan Jalan 2020, Jumat (25/9).

Budi mengatakan, pengguna sepeda tetap mematuhi rambu lalu lintas, protokol kesehatan, dan bersepedalah dengan terjamin. Terlebih, dalam situasi pandemi Covid-19, tren bersepeda di kalangan umum makin meningkat.
 
Dia menuturkan, pemerintah daerah juga harus mendorong tersedianya fasilitas seperti jalur khusus sepeda serta tempat parkir untuk pesepeda tercatat untuk para penyandang disabilitas. Budi mengharapkan, pemerintah pusat maupun wilayah dapat menyuarakan kselemtan jalan kepada seluruh lapisan masyarakat di bervariasi kesempatan.

“Keselamatan pekerjaan tidak mungkin terwujud bila tak diawali saat ini, dari diri kita sendiri, keluarga, masyarakat, beserta lingkungan hingga akhirnya menjadi budaya dan peradaban bangsa, ” membuka Budi.

Di Pekan Nasional Keselamatan Jalan 2020, Kemenhub jyga mengla Virtual Bicycle Fair pada 17 Oktober 2020. Pameran Sepeda Virtual Pertama dalam Indonesia ini melibatkan 200 seperseribu penonton, 200 peserta pameran roda, dan 300 kontestan lomba roda yang akan diselenggarakan di Bangsal Sarbini Jakarta.

Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Sifat Setiyadi menyatakan dalam acara tersebut juga melibatkan berbagai produsen sepeda lokal dan sepeda custom. “Produsen sepeda ini akan memamerkan buatan karya anak bangsa. Semuanya diselenggarakan secara virtual untuk memenuhi protokol kesehatan, ” ungkap  Budi Snetiyadi.

Puncak Rancangan Pekan Sepeda Nasional 2020 akan dilaksanakan pada tanggal 20 Oktober 2020. “Dalam acara puncak tersedia aksi pembagian 100 ribu  masker di 5 lima wilayah Jakarta. Acara puncak ini pun akan dilaksanakan secara virtual dimulai sebab pengumuman pemenang modifikasi sepeda, pemenang virtual fun bike , ” jelas Budi Setiyadi.