Bakal PDIP Sleman Donor Darah Peringati Bulan Bung Karno

REPUBLIKA. CO. ID, SLEMAN — Sekitar 150 kader PDIP Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengikuti donor darah guna membantu memenuhi kebutuhan darah di masa pandemi COVID-19, Ahad (27/6).

Aksi donor darah dalam rangka mengenang jasa Proklamator Kemerdekaan Republik Indonesia & memperingati Bulan Bung Karnoitu turut mendonorkandarahnya Wakil Tumenggung Sleman Danang Maharsa sebagai penanggung jawab kegiatan.

Danang Maharsa mengatakan aksi donor darah selain sebagai wujud kepandaian para kader PDIP di dalam meneruskan jejak Bung Karno yang semasa hidupnya kerap menolong sesama. “Kegiatan baik ini juga untuk membangun PMI Sleman yang semasa pandemi COVID-19 sering cacat stok darah, ” katanya.

Menurut dia, selama pandemi COVID-19, permintaan masyarakat terhadap pembawaan di PMI Sleman terus mengalami peningkatan. Sementara persediaan selalu menipis, sehingga PMI Sleman sering kehabisan simpanan darah.

Dia berharap, aksi donor pembawaan massal yang dilakukan para kader PDIP Sleman ini bisa menggugah semangat seluruh warga Sleman untuk mengikuti melakukan donor darah, sehingga ketika warga Sleman menderita sakit dan pengobatannya memerlukan darah, tidak akan pengganggu dalam mendapatkan darah.

Kepala PMI Sleman DR dr Sunartono M. Kes mengucapkan dalam aksi donor pembawaan yang paling banyak diuntungkan bukan orang yang menyambut darah. Tetapi justru yang mendonorkan darahnya.

Ia mengatakan, dalam hal pelayanan darah, sejak tahun 2019, awak Sleman yang membutuhkan darah di PMI Sleman, tak dipungut biaya.

sumber: ANTARA