Arsenal tak sampai hampir mengontrak Messi karena terhalang izin kerja.

REPUBLIKA. CO. ID,   LONDON — Mantan pencari bakat Arsenal Francis Cagigao mengoreksi komentar eks  pelatih the Gunners Arsene Wenger soal Lionel Messi. Wenger sudah mengatakan, Arsenal sangat dekat buat mendapatkan Messi pada 2003 silam. Sementara menurut Cagigao, kenyataannya tidak seperti itu.  

Saat itu, Messi masih berada di akademi La Masia. Ia belum memperkuat regu utama Los Azulgrana di kolong kepemimpinan Frank Rijkard.

Cagigao mengakui klub asal London Utara itu sempat menjalin hubungan dengan perwakilan Messi, tapi tak sampai hampir mengikat pesepak bola asal Argentina itu.

“Wenger menjelaskan bahwa Arsenal nyaris merekrut Lionel Messi pada 2003. Meski pada akhirnya saya tak mengatakan bahwa kami dekat mendapatkan Messi, ” kata Cagigao kepada BBC Sports , Rabu (16/9).

Jalan the Gunners mendatangkan Messi nyatanya terhalang masalah izin kerja. Karenanya Messi bertahan di Barcelona dan kemudian menjadi legenda klub  Katalunya itu.

Selain Messi, lanjut Cagigao, Wenger juga menunjukkan minat kepada dua pemain muda La Masia, Cesc Fabregas  serta Gerard Pique. Pada akhirnya, cuma Fabregas yang berhasil didatangkan ke London.

Di sisi lain, Cagigao memuji pemain menyesatkan berbakat yang pernah diikat Wenger adalah Santi Cazorla. Menurut Cagigao, Cazorla pemain dengan bakat yang sangat besar.

“Saya pikir dia adalah salah satu pemain paling bertalenta yang pernah saya lihat. Dia bisa berlatih secara kaki kanan dan kiri serupa baiknya. Anda yang melihat tidak akan bisa menentukan mana berleha-leha terkuatnya, ” kata Cagigao memuji Cazorla.

Kekurangan di postur pendek dan kurang melalaikan ditutupi Cazorla dengan teknik mulia dan kecerdasan dalam bermain. Sayang, kata Cagigao, karier Cazorla tidak mengilap karena diganggu cedera, terutama cedera Achilles. Cazorla menghabiskan enam tahun membela Arsenal, membantu Wenger memenangkan dua Piala FA.