Real, sejak musim 2003/2004, Liga Prancis telah menambah total klub menjadi 20.

REPUBLIKA. CO. ID,   PARIS — Otoritas Penyelenggara Liga Prancis (LFP) mengungkapkan bakal melakukan pemangkasan jumlah tim kandidat di kasta tertinggi perlombaan sepak bola Prancis, Ligue 1. Dari yang sebelumnya diikuti 20 tim, Ligue 1 akan diikuti sebab 18 klub kontestan. Transisi jumlah tim kontestan Ligue 1 ini akan mulai diterapkan pada musim 2023/2024.  

Pemangkasan total kontestan di Ligue satu ini berdasarkan hasil pengumpulan suara dari para bagian majelis umum LFP. Sebanyak 93 persen suara menghendaki adanya pemangkasan jumlah kontestan Ligue 1 dan Ligue 2.  

”Ini menjadi keputusan yang bagus untuk menunjukan persatuan para pihak di menggampar bola Prancis. Di berasaskan itu semua, kebijakan itu makin membuka kemungkinan buat menciptakan rencana reformasi dengan ambisius pada masa-masa kelak, ” kata Presiden LFP, Vincent Labrune dalam maklumat resminya seperti dilansir Sky Sports, Jumat (4/6).  

Untuk mewujudkan kebijakan ini, pada akhir musim 2022/2023, tim-tim dengan berada di empat terbawah klasemen akhir Ligue 1 akan langsung terdegradasi ke Ligue 2. Sementara dari Ligue 2, dua gaya teratas di klasemen akhir berhak promosi ke Ligue 1 pada musim berikutnya. Dengan kondisi ini, maka Ligue 1 musim 2023/2024 bakal diikuti 18 tim.

Sebenarnya, ini bukan kali pertama Ligue 1 menerapkan jumlah kontestan sebanyak 18 tim. Sejak musim 2002/2003, LFP telah menambah jumlah kontestan di Ligue 1 menjadi 20 awak dan tetap bertahan maka musim ini. Dalam edisi kompetisi Ligue 1 masa ini, dua posisi terbawah di klasemen akhir mau langsung terdegradasi.  

Sementara peringkat ke-18 di klasemen akhir Ligue 1 akan menghadapi sabung play-off bertahan di Ligue 1, dengan menghadapi tim pemenang babak kualifikasi play-off promosi dari Ligue 2, yang diikuti oleh status ketiga hingga peringkat kelima klasemen akhir Ligue dua pada musim sebelumnya.  

Pada akhir musim 2023/2024, seiring dengan pemangkasan jumlah kontestan Ligue 1, sistem promosi dan degradasi di dua bagian teratas sepak bola Prancis, Ligue 1 dan Ligue 2, juga akan mengalami perubahan. Dua penghuni terbawah klasemen akhir Ligue 1 akan langsung terdegradasi, tengah dua posisi teratas dalam Ligue 2 akan promosi.  

Sedangkan posisi ketiga dari kolong di klasemen akhir Ligue 1 akan melakoni episode play-off , begitu juga dengan peringakt ketiga di Ligue dua. Saat ini, dari lima liga top Eropa, cuma Bundesliga yang diikuti sebab 18 tim dengan total jumlah pertandingan mencapai 34 laga setiap musim. Sementara Liga Prancis, Liga Italia, Liga Spanyol, dan Asosiasi Primer Inggris, diikuti sebab 20 kontestan dengan mutlak pertandingan mencapai 38 pertarungan per musim.