Pemilik Darius menawarkan Rp 20 juta bagi siapapun yang menemukannya.

REPUBLIKA. CO. ID, WORCESTERSHIRE – Pemegang rekor kelinci terbesar di dunia, Darius saat ini hilang dalam rumahnya di Worcestershire, Inggris pada akhir pekan awut-awutan. Sang pemilik menawarkan uang lelah 1. 000 poundsterling Inggris atau Rp 20 juta bagi siapa pun dengan menemukan Darius dan membawanya pulang dengan selamat.

“Kelinci Raksasa Kontinental dicuri dari kandangnya di taman pemiliknya semalam dalam Sabtu (10 April-11 April), ” kata polisi Mercia Barat setempat dalam sebuah pernyataan.

Kelinci tersebut dikatakan cukup istimewa karena ukurannya berbeda dibanding kelinci lain, yakni 4 kaki dan telah dihadiahi Rekor Gunness sebagai kelinci terbesar di dunia dalam April 2010 lalu.

Pada saat itu, patokan panjang Darius empat bersantai tiga inci atau 129 sentimeter. Tentu saja patokan ini termasuk raksasa di antara spesiesnya. Darius adalah kelinci Flemish Giant yang adalah jenis kelinci terbesar dalam Bumi.

Dilansir Live Science, Senin (19/4), menurut Kebun Binatang Maryland, Raksasa Flemish rata-rata mampu memiliki berat sekitar 15 pon atau tujuh kilogram dan panjangnya 2, 5 kaki atau 0, 76 m. Mereka adalah jenis hewan peliharaan. Awalnya pada 300 tahun yang berarakan, Raksasa Flemish dibiakkan cuma untuk diambil daging serta bulunya.

Era ini, Raksasa Flemish sebagian besar dibesarkan sebagai hewan pendamping. Pemilik Darius, Annette Edwards menyebut kelincinya bertingkah sangat tenang dalam wawancara tahun 2015. Padahal kelinci raksasa yang lebih mudah-mudahan dibesarkan daripada ras dengan lebih kecil bertindak kasar.