IHRAM.CO.ID, DUBLIN – Sepanjang akhir pekan ini, Irlandia telah memulai pemberian vaksin Covid-19 untuk anak berusia 12-15 tahun. Sejumlah lokasi memulai vaksinasi pada Jumat (13/8) dan sebagian pada Sabtu (14/8).

Sekitar 75 ribu anak telah terdaftar untuk menerima suntikan Pfizer atau Moderna. Syarat bagi anak untuk mendapatkan vaksinasi adalah adanya persetujuan dari orang tua atau wali.

“Tim dan pusat vaksinasi kami sangat fokus untuk mencoba menyelesaikan pekerjaan ini dengan cepat,” ujar Kepala Layanan Kesehatan Eksekutif Irlandia (HSE), Paul Reid, dikutip dari laman Belfast Telegraph.

Menurut Reid, vaksinasi untuk kelompok usia tersebut menjadi bagian penting dari program vaksin Irlandia. Saat ini, lebih dari 80 persen populasi orang dewasa Irlandia telah divaksinasi lengkap dan sekitar 90 persen telah divaksinasi sebagian. 

Sementara, Wakil Kepala Petugas Medis Irlandia, Ronan Glynn, memperingatkan bahwa kasus Covid-19 kembali melonjak di seantero negara. Pekan lalu, tercatat ada lebih dari 10 ribu kasus Covid-19. 

Glynn menyoroti bahwa angka kasus Covid-19 meningkat di semua kelompok umur, tidak hanya pasien berusia 16-29 tahun. Itu sebabnya vaksinasi terhadap anak sangat penting untuk dilakukan.

“Meskipun vaksinasi berdampak sangat positif pada proporsi kasus yang berakhir di rumah sakit atau perawatan kritis, namun insiden yang meningkat saat ini bisa memicu sejumlah besar orang mengalami kasus parah Covid-19,” kata Glynn.

Sumber: belfasttelegraph