JK harap putra putri Papua mampu peroleh kesempatan belajar lebih umum.

REPUBLIKA. CO. ID, JAKARTA — Wakil Presiden RI ke 10 dan 12 Jusuf Kalla (JK) mengatakan kemajuan Papua hanya bisa diraih melalui pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM). Karena itu, menurutnya sumber daya alam Papua yang sangat melimpah perlu dikelola dengan baik.

JK pun menyarankan putra-putri Papua mencapai kesempatan belajar lebih luas, bahkan hingga ke daerah. Itu disampaikan JK saat melakukan silaturahmi dengan sejumlah pengurus HMI dan KAHMI Papua di Sekretariat HMI Papua, Jalan Nuri Kota Abepura, Proivnsi Papua, Sabtu (14/11)

“Saya harap putra-putri Papua membiasakan lebih giat untuk mengasah muncul kalau perlu ke daerah lain di Indonesia biar tahu bagaimana cara mengelola sumber daya zona Papua. Karena kunci kemajuan cuma ada pada peningkatan sumber gaya manusianya, ” ujar JK pada siaran pers.

JK menyampaikan harapannya kepada para perantau yang ada di Papua. Walaupun pendatang,   namun harus merasa diri sebagai orang asli Papua karena sudah tinggal dan tumbuh di Papua.

“Anda semua sudah berada di Papua artinya Anda harus merasa jadi orang Papua walaupun asalnya dibanding mana-mana, begitu juga keturunannya akan tetapi Anda harus merasa sebagai karakter Papua dan harus bisa hidup secara bersama sama, ” introduksi JK.

Selain itu JK juga memuji kehidupan penerimaan beragama di Papua yang menurutnya sangat tinggi dan salah satu kesibukan toleransi yang terbaik di Nusantara. “Tadi saya habis ketemu secara tokoh-tokoh agama di Papua itu untuk membicarakan perdamaian, alhamdulillah kesibukan toleran beragama di Papua sangat tinggi, bahkan bisa dikatakan terkemuka di Indonesia, ” kata JK.