Luhut menilai program Kementerian BUMN setahun terakhir menunjukkan kinerja positif.

REPUBLIKA. CO. ID,   JAKARTA — Menteri Koordinator bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan memuji kepiawaian Menteri BUMN Erick Thohir dalam mengelola perusahaan negara. Luhut mengatakan BUMN memiliki peranan penting dalam ekonomi nasional, baik dari jasa melalui dividen, pembukaan lapangan kerja, kontribusi pajak, serta pionir sektor strategis.  

“Namun, dari periode ke waktu BUMN dituntut memberi sumbangan lebih. Di bawah Pak Erick, tuntutan tersebut dilakukan dengan mempertajam lini bisnis diikuti pengukuhan tata kelola dan risk management yang ujungnya diharapkan memberi profitabilitas yang segar, ” ujar Luhut pada acara IFG Progress 2021 di Jakarta, Rabu (28/4).

Sejauh pengamatannya, Luhut menilai program tumbuh Kementerian BUMN selama setahun terakhir menunjukkan kinerja nyata. Luhut juga mengapresiasi Departemen BUMN yang bergerak cepat dan berperan aktif dalam upaya penanganan pandemi secara menyediakan fasilitas, alat, had tenaga kesehatan dalam menganjurkan pelayanan terbaik.

Sementara  dari sisi pemulihan ekonomi nasional, Luhut menilai posisi penting Kementerian BUMN mencuaikan Jamkrindo dan Askrindo secara memberi penjaminan UMKM buat berusaha.

“Dalam kondisi ini BUMN turut berperan aktif dalam menangani covid dgn membantu vaksinasi dan memberi peralatan medis. Aku berpesan, pengelolaan BUMN langsung dikelola dengan risk management yang baik dengan tumpuan BUMN tidak dihadapi urusan yang mengganggu, ” cakap Luhut.

Luhut menyebut budaya Akhlak yang dicanangkan Erick Thohir jadi core values Kementerian BUMN akan menjadi penopang istimewa dalam mengelola BUMN.