Kounde sukses mengantarkan Seville juara titel Liga Europa

REPUBLIKA.CO.ID, SEVILLA — Direktur Olahraga Sevilla, Monchi, mengungkapkan sikap klubnya terkait kemungkinan kepindahan bek tengah asal Prancis, Jules Kounde.

Sevilla, tutur Monchi, menanti keseriusan dari klub-klub lain untuk bisa memboyong bek tengah berusia 22 tahun tersebut. Sejak hijrah dari Bordeaux pada 2019, Kounde mampu langsung tampil impresif bersama Sevilla.

Bahkan, pada musim debutnya, Kounde sukses mengantarkan klub asal Andalusia itu merengkuh titel Liga Europa. Setelah tampil di 40 laga dan menyumbang dua gol pada musim 2019/2020, Kounde mampu melanjutkan konsistensi performanya dengan torehan 49 penampilan di semua ajang pada musim lalu.

Tidak hanya membuka jalan untuk memperkuat timnas Prancis di Euro 2020, penampilan impresif Kounde itu juga menarik minat sejumlah klub besar Eropa.

Mulai dari Real Madrid, Manchester United, Manchester City, Chelsea, hingga Tottenham Hotspur, disebut-sebut melirik jebolan akademi sepak bola Bordeaux tersebut.

Monchi mengakui, ada ketertarikan dari sejumlah klub terhadap Kounde. Namun, klub-klub tersebut belum menunjukan keseriusan dengan melayangkan penawaran secara formal.

Sevilla tidak akan ragu melepas Kounde apabila ada tawaran yang dinilai cukup sesuai terkait kepindahan Kounde tersebut. ”Ada banyak klub yang menanyakan soal Kounde.”

“Tentu ada ketertarikan, tapi tidak ada tawaran secara formal. Saya tidak tahu apa yang akan terjadi. Kami siap melepas Kounde apabila ada tawaran bagus yang datang. Ini merupakan salah satu kebijakan klub dalam meningkatkan kualitas tim,” tutur Monchi seperti dikutip Metro, Rabu (11/8).

Dari sederet klub peminat Kounde, Chelsea disebut-sebut menjadi klub yang paling bernafsu. The Blues pun siap menyertakan Kurt Zouma, ditambah dengan kucuran dana segar, demi bisa membujuk Sevilla melepas pemain yang masih terikat kontrak hingga 2024 tersebut.

Kabarnya, total nilai transfer yang ditawarkan Chelsea mencapai 70 juta euro. The Blues sebenarnya memiliki cara lain untuk bisa mendapatkan Kounde, yaitu dengan mengaktifkan klausa pelepasan pemain keturunan Benin tersebut. Namun, The Blues mesti siap menebus nilai klausa pelepasan Kounde, yang mencapai 80 juta euro.