Marc Marquez masih mempunyai catatan waktu tercepat dari ke-2 sesi latihan.

REPUBLIKA. CO. ID, JAKARTA — Franco Morbidelli ulung 0, 027 detik dari kawan satu timnya, Fabio Quartararo, buat membawa tim Petronas Yamaha pada puncak catatan waktu sesi pelajaran bebas kedua (FP2) Grand Prix (GP) Spanyol di Sirkuit Jerez-Angel Nieto, Jumat (17/7). Morbidelli, yang telah mengamankan perpanjangan kontrak dua tahun di tim asal Malaysia itu, mencatakan waktu satu menit 38, 125 detik di sesi latihan siang tersebut.

Brad Binder dari tim KTM Factory Racing menguntit, 0, 125 detik di belakang kedua pembalap tim satelit Yamaha itu di P3, demikian laman resmi MotoGP.

Di suhu tanda yang semakin panas, hanya Quartararo yang mampu memperbaiki catatan waktunya di FP2 sehingga Marc Marquez dari tim Repsol Honda sedang memiliki catatan waktu tercepat daripada kedua sesi latihan setelah memuncaki FP1.

Di FP2, kedua pebalap Repsol Honda, Alex dan Marc, sempat terjatuh ketika melaju di Tikungan 8 dan 2, namun tidak mengalami luka dan kembali menaiki tunggangannya.

Ini berarti Marc Marquez masih unggul dari catatan zaman Maverick Vinales dan Cal Crutchlow yang terpisahkan kurang dari 0, 1 detik, dengan Andrea Dovizioso sebagai pembalap Ducati tercepat keadaan itu di P4.

Joan Mir dari tim Suzuki Ecstar dan Jack Miller dari tim Pramac Racing menempati P5 dan P6, 0, 2 detik dari catatan waktu Marquez, diikuti oleh pembalap Suzuki lainnya, Alex Rins di P7.

Trio pebalap KTM, berturut-turut Penuh Espargaro, Iker Lecuona (Red Bull KTM Tech 2), dan Binder, melengkapi posisi sepuluh besar hari itu.

Sepuluh pembalap tercepat dari tiga sesi pelajaran bebas pertama akan langsung memiliki tempat memperebutkan posisi start terdepan di Q2, sedangkan sisanya harus bertarung terlebih dahulu di Q1. Hanya dua pebalap tercepat pada Q1 yang bisa lolos ke Q2.

Kendati memuncaki FP2, Morbidelli dan Quartararo kudu berjuang di FP3 jika mau mendapat slot 10 besar pada kualifikasi.

10 luhur catatan waktu pebalap setelah dua sesi latihan:

1. Marc Marquez (Repsol Honda Team) – 1: 37, 350

2. Maverick Viñales (Monster Energy Yamaha MotoGP) + 0, 024

3. Cal Crutchlow (LCR Honda Castrol) + 0, 088

4. Andrea Dovizioso (Ducati Team) + 0, 121

5. Joan Mir (Team Suzuki Ecstar) + 0, 131

6. Jack Miller (Pramac Racing) + 0, 137

7. Alex Rins (Team Suzuki Ecstar) + 0, 219

8. Pol Espargaro (Red Bull KTM Factory Racing) + 0, 362

9. Iker Lecuona (Red Bull KTM Tech3) + 0, 364

10. Brad Binder (Red Bull KTM Factory Racing) + 0, 573

sumber: Antara