BLT menolong karena penerimanya mengalami pendapatan penurunan.

REPUBLIKA. CO. ID, JAKARTA — Sebagian masyarakat menggunakan bantuan langsung tunai (BLT) subsidi gaji yang diterimanya untuk menunjang kebutuhan sehari-hari. BLT berguna karena pendapatan mendarat selama pandemi Covid-19.

“Alhamdulillah, bermanfaat untuk menunjang hajat keluarga. Meskipun, saya belum diam tangga, tapi saya menjadi tulang punggung untuk ibu saya karena ayah sudah meninggal dunia, ” kata Sofian Farma (26), seorang pegawai swasta saat dihubungi pada Jakarta, Jumat (11/9).

Pekerja kontrak di salah satu rumah makan di Jakarta itu mengaku pendapatannya mulai turun sejak pandemi melanda Indonesia, karena terjadi pengurangan jam kerja. Sementara beban yang ditanggung bersama sang ibu sedang tetap sama.

“Ya, biasanya gaji saya itu untuk makan sehari-hari, terus harus bayar cicilan, jadi sudah ada bagian-bagiannya. Dengan pandemi ini, sangat terasa sekali dampaknya, ” ungkap Sofian.

Menurut dia, BLT yang diterimanya sebesar Rp 1, dua juta sebisa mungkin dijadikan modal usaha ibunya berjualan kue dan menitipkannya ke warung-warung. Hal tersebut belum pernah dilakukan sebelum pandemi.

Dengan demikian, anak bungsu dari tiga bersaudara itu mendapat uang tambahan untuk membiayai kehidupannya sehari-hari bersama ibunya.

Hal senada disampaikan Mahmudin (25), yang baru saja menjadi seorang ayah, karena anak pertamanya ada di tengah pandemi. Pendapatan Udin, panggilannya, sebagai pegawai swasta selalu mengalami penurunan.

“BLT yang saya terima Alhamdulillah berguna banget, karena bisa buat kos lahiran anak saya, beli pakaian bayi, jadi betul-betul butuh banget memang, ” ungkap Udin.

Hal lain disampaikan pegawai swasta, Suhendri (26), yang kudu menanggung beban sekolah adik bungsunya karena kedua orang tuanya telah tiada. “Meskipun sekolah di panti, adik saya butuh pulsa buat membeli kuota. Kemudian, juga buat membeli kebutuhan sehari-hari. Meskipun tersedia kakak, tapi sudah berkeluarga jadi punya tanggungan sendiri, ” ujarnya.

sumber: Jarang