Direksi menyebut PLN tidak akan berhenti bertransformasi hanya lewat PLN Mobile

REPUBLIKA.CO.ID, Kemajuan teknologi membuat semua perusahaan saat ini transformasi ke dunia digital untuk menjawab tantangan dan kebutuhan masyarakat. PLN sebagai BUMN terdepan di Indonesia juga melakukan transformasi digital dengan hadirnya PLN Mobile, seperti apa perkembangan PLN Mobile bagi kemudahan masyarakat? Kali ini, Republika berkesempatan berbincang dengan Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN Bob Saril

Bagaimana PLN bertransformasi dalam dunia digital seperti saat ini?

Jawab: Tentu, sesuai dengan program transformasi yang dijalankan oleh PLN – Power Beyond Generation, dimana PLN tidak hanya sebagai perusahaan yang membangkitkan listrik, tetapi sebagai perusahaan nomor 1 pilihan pelanggan untuk solusi energi. Satu dari empat pilar transformasi yang dibuat oleh PLN adalah Customer Fokused, dimana PLN akan berusahan untuk memberikan kepuasan pelanggan dan pengalaman yang lebih baik bagi pelanggan PLN (Customer Experience).

PLN meluncurkan PLN Mobile untuk bisa memberikan costumer experience. Dengan PLN Mobile, diharapkan terjadi peningkatan costumer experience. PLN mobile diharapkan menjadi solusi komunikasi antara PLN dan pelanggan, dimana pelanggan tidak harus datang ke kantor PLN untuk mendapatkan layanan, tetapi cukup melalui PLN Mobile.

Apa saja yang ditawarkan PLN dalam PLN Mobile ini?

Jawab: PLN Mobile menawarkan Solusi dan New Experience layanan yang terintegrasi bagi 80,5 juta pelanggan PLN. PLN Mobile memberikan One Stop Solution kepada pelanggan berkaitan dengan pelayanan selama 24 jam (komplain dan pengaduan), Pusat Pembayaran (Token & Rekening Listrik), Informasi produk-produk terbaru yang dikeluarkan PLN dan juga informasi / kondisi kelistrikan secara real time.

Tentu, sesuai dengan program transformasi yang dijalankan oleh PLN – Power Beyond Generation, dimana PLN tidak hanya sebagai perusahaan yang membangkitkan listrik, tetapi sebagai perusahaan nomor 1 pilihan pelanggan untuk solusi energi. Satu dari empat pilar transformasi yang dibuat oleh PLN adalah Customer Fokused, dimana PLN akan berusahan untuk memberikan kepuasan pelanggan dan pengalaman yang lebih baik bagi pelanggan PLN (Customer Experience).

Dengan PLN Mobile, diharapkan terjadi peningkatan customer experience. PLN mobile diharapkan menjadi solusi komunikasi antara PLN dan pelanggan, dimana pelanggan tidak harus datang ke kantor PLN untuk mendapatkan layanan, tetapi cukup melalui PLN Mobile.

Seberapa besar manfaat transformasi digital ini bagi PLN?

Jawab: Dampak dari digitalisasi tentu adalah efisiensi. Dan bagi PLN, tidak bisa dipungkiri, dengan PLN Mobile, tentu berdampak kepada biaya operasional. Namun dampak efisiensi ini tidak hanya di PLN, disisi pelanggan juga terjadi penghematan biaya. Seperti biaya pulsa untuk komunikasi dengan PLN (selama ini via Contact Center 123) atau ongkos perjalanan apabila pelanggan langsung datang ke loket pelayanan PLN. 

Kemudian pembayaran rekening listrik atau pembelian token melalui PLN mobile juga diupayakan dengan biaya admin yang serendah mungkin, bahkan beberapa channel pembayaran yang disiapkan PLN di aplikasi PLN Mobile tanpa biaya admin. Serta tak lupa, pelanggan bisa mendapatkan info-info menarik terkait promo (seperti promo penyambungan baru, promo tambah daya, promo pemasangan internet dan promo program kerjasama PLN dengan Pihak Ke-3).

Bagaimana capaian PLN Mobile hingga semester satu tahun ini?

Jawab: Saat ini sudah ada 9,87 juta pelanggan yang mengunduh PLN Mobile. Target kami tahun ini ada 15 juta pelanggan yang menggunakan PLN Mobile. Kenapa 15 juta? harapan kita untuk memudahkan pelanggan berkomunikasi dengan PLN. Pelanggan juga bisa mendapatkan pelayanan PLN dengan cepat dan tepat.

Setelah PLN Mobile ini, seperti apa pengembangan dan inovasi yang dilakukan PLN kedepan?

Jawab: PLN tak hanya memberikan layanan kelistrikan saja, tetapi juga internet saat ini. Kedepan, kami mengembangkan one stop solution bagi masyarakat soal kelistrikan. 

Tak hanya soal pasang daya atau tambah daya PLN bersama Listriku akan mengembangkan platform untuk menjawab kebutuhan masyarakat dalam instalasi listrik. Misalnya saat AC listrik pelanggan rusak, pelanggan tak perlu lagi cari tukang AC. 

Kita integrasikan dalam PLN Mobile, jadi masyarakat bisa menjawab kebutuhan tersebut dengan mengakses PLN Mobile. Dengan sekali sentuhan, masyarakat bisa langsung dapat kebutuhannya, kita pasangin sekalian dan kita kasih edukasinya juga.