Enduro Peduli Lapas Anak merupakan program meningkatkan kemampuan perbengkelan

REPUBLIKA.CO.ID, TOMOHON — Dalam upayanya untuk berkontribusi membangun generasi penerus bangsa, PT Pertamina Lubricants melalui Sales Region VII meluncurkan program Enduro Peduli Lapas Anak. Program Enduro Peduli Lapas Anak ini digelar di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Tomohon, Sulawesi Utara.

Sales Region Manager VII PT Pertamina Lubricants, Anang Yoyong Prayogo mengatakan, program ini digelar dengan menyasar anak didik pemasyarakatan (Andikpas). “Program Enduro Peduli Lapas merupakan program yang bertujuan untuk membangun jiwa kemandirian dan meningkatkan kesejahteraan melalui bidang kewirausahaan perbengkelan,” kata Anang dalam keterangan pers pada Kamis (5/8).

Aksi ini sendiri merupakan salah satu program Corporate Social Responsibility (CSR) PT Pertamina Lubricants di bidang pendidikan dan kewirausahaan. Program yang diluncuran secara virtual ini dihadirkan lewat pembinaan kepada Andikpas di LPKA Tomohon mengenai dunia otomotif sepeda motor dan ilmu kewirausahaan.

Dalam program ini PT Pertamina Lubricants memberikan bantuan berupa pendirian bengkel Enduro Express rintisan di area lapas dan sudah termasuk seluruh perlengkapan bengkel seperti toolkit, wearpack, safety shoes dan paket pelumas Pertamina.

“Program ini merupakan wujud kepedulian dan kontribusi nyata dari PT Pertamina Lubricants dalam membantu para anak didik untuk dapat menjadi mandiri dan siap bersosialisasi kembali di tengah masyarakat,” ucapnya.

Pelaksanaan program Enduro Peduli Lapas Anak ini akan diselenggarakan selama satu bulan mulai 4 hingga 9 September 2021dengan jumlah peserta sebanyak 9 Andikpas. Program meliputi berbagai rangkaian pelatihan mulai dari pelatihan mekanik motor bekerja sama dengan Balai Pelatihan Tenaga Kerja (BPTK) Provinsi Sulawesi Utara, sosialisasi product knowledge pelumas Pertamima dan sistem pelumasan kendaraan bermotor roda dua dan juga pelatihan kewirausahaan.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Sulawesi Utara, Erni Tumundo pun mengucapkan terimakasih karena Pertamina telah memilih Provinsi Sulawesi Utara untuk melakukan pelatihan ini.

“Terima kasih kepada PT Pertamina Lubricants atas kerja sama yang telah terbangun ini. Kami sangat bangga dapat terpilih untuk melaksanakan pelatihan bagi Andikpas. Kami mendukung penuh kegiatan yang sangat positif ini dan berharap kedepannya para peserta pelatihan dapat menjadi mandiri dan menjadi wirausahawan yang unggul di bidang perbengkelan. Semoga dapat memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat, bangsa dan Negara,” kata Erni.