Shalat Jumat Perdana Masjid Salman Rasidi Dihadiri Syahrul G

Masjid Salman Rasidi dirancang untuk membuat jamaah merasa aman dan nyaman beribadah.

REPUBLIKA. CO. ID,   BANDUNG — Pokok April 2021 ini, awak Kabupaten Bandung memiliki masjid baru. Namanya Masjid Salman Rasidi yang diresmikan & bisa digunakan untuk ibadah berjamaah.  

Penggunaan masjid itu ditandai dengan Shalat Jumat perdana, pada Jumat (9/4)  atau 26 Sya’ban 1442 H. Pembangunan langgar ini telah dilakukan semasa 2 tahun.  

Menurut Corporates Derma Salman, Ryan Faisal, Derma Salman menargetkan agar Masjid Salman Rasidi bisa digunakan sebelum Ramadhan. “Alhamdulillah makbul. Sekarang, warga bisa menggunakan sekaligus memakmurkan masjid dengan terletak di Kompleks Sendi Sakit Salman Hospital itu, ” ujar Ryan.

Masjid Salman Rasidi dirancang untuk membuat jamaah merasa aman dan damai beribadah dengan dukungan desain menawan dan teknologi mutakhir. Desain arsitektur yang terinspirasi dari bentuk Leuit ataupun lumbung padi.    

Hal tersebut, membawa harapan agar langgar ini dapat berperan pada pemberdayaan masyarakat melalui tindakan sosial dan aktivitas dakwahnya. Masjid ini juga dilengkapi teknologi pendingin ruangan terkini untuk memastikan sirkulasi hawa berjalan dengan baik & tetap ramah lingkungan.

Ryan menjelaskan, jamaah penyandang disabilitas juga bisa beribadah dengan nyaman mencuaikan berbagai fasilitas yang tersedia. Hal ini, kata dia, merupakan upaya Wakaf Salman untuk mendukung kesetaraan beribadah.  

Apalagi, kata dia, menjelang Ramadhan, semua jamaah punya keinginan untuk dapat melaksanakan ibadah tarawih dan shalat Ied bersama-sama. “Untuk mewujudkannya dalam situasi pandemi ini, adat kesehatan tentunya diterapkan sesuai anjuran pemerintah, ” katanya.

Saksi dibanding persiapan tersebut adalah H Sahrul Gunawan selaku Pengantara Bupati Kabupaten Bandung terbatas yang hadir dalam skedul Shalat Jumat dan turut serta dalam pembukaan Langgar Salman Rasidi.  

“Saya sangat bersahaja sekali bisa ikut di dalam acara ini dan meresmikan penggunaan Masjid Salman Rasidi. Semoga jadi manfaat. Itu momentumnya pas sekali menjelang Ramadhan, kita ramaikan sama-sama. Kita makmurkan masjid serta kalau bukan kita famili Muslim, siapa lagi, ” paparnya.

Introduksi Masjid Salman Rasidi tersebut dapat terlaksana dengan lancar berkat kerja sama jarang Wakaf Salman, DKM dan jamaah Salman Rasidi, warga Soreang, serta para wakif dan donatur. Tidak kurang, dukungan dari Wakil Bupati Kabupaten Bandung dan pemerintah Kecamatan Soreang, juga rekan-rekan Media yang membantu informasi mengenai Salman Rasidi tersampaikan ke masyarakat.

Saat ini, Masjid Salman Rasidi masih memiliki target yaitu pembangunan menara agar syiar dakwah dapat bertambah tersampaikan kepada masyarakat.  

“Alhamdulillah telah diresmikan oleh Kang H Sahrul Gunawan. Setelah semenjak 2019 dibangun, akhirnya bisa digunakan. Terkait pembangunan langgar, Wakaf Salman punya tagline dari masjid peradaban dimulai dan pemuda adalah penggeraknya, ” kata Ryan.

Menurutnya, Wakaf Salman punya program yang menyesatkan mudah untuk teman-teman (milenial) semuanya. Yaitu dengan memfollow akun Instagram @wakafsalman. itb setara dengan berdonasi Rp 5. 000.  

“Donasi tersebut bisa mendatangkan santapan gratis untuk jamaah dan kebaikan manfaat lainnya dari banyak kalender kita miliki, ” introduksi Ryan.

Menurut Ryan, langkah Wakaf Salman bersama wakif dan donatur untuk mensukseskan pemberdayaan 1. 000 Masjid untuk memajukan pusat peradaban Islam hendak terus berlanjut.  

“Semoga bulan Ramadhan menjadi momentum bagi seluruh orang untuk mencari keberkahan berlipat ganda, dan bagi Wakaf Salman untuk mendapatkan kekuatan serta dukungan yang lebih lagi dari segenap pihak, ” katanya.