UMP Mulai Laksanakan Kuliah Tatap Muka

REPUBLIKA. CO. ID, PURWOKERTO — Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) Jawa Tengah akan mulai menggelar kegiatan pelajaran tatap muka.   Rektor UMP, Dr Jebul Suroso mengatakan, kegiatan kuliah dengan diterapkan disebut sebagai arketipe kuliah hybrid learning sebab memadukan antara kuliah tatap muka dan kuliah secara online.

”Model kuliah hybrid learning kita terapkan mengingat situasi pandemi masih berlangsung, sehingga kegiatan kuliah belum bisa sepenuhnya dilaksanakan secara normal, ” jelasnya, Selasa (27/4).

Dalam model  itu, kata rektor, kegiatan belajar dilakukan dengan  menggabungkan pembelajaran tatap muka dan daring. Dengan model ini, beberapa ada yang mengikuti pelajaran secara langsung di ruangan kuliah, namun ada juga yang mengikuti kuliah secara online.

”Misalnya, untuk ruang kuliah berkapasitas 60 orang, dalam pola kuliah hybrid learning ini hanya akan diisi oleh 20 mahasiswa. Namun mahasiswa lainnya bisa mengikuti pelajaran tersebut secara online, elok di rumah atau yang mana pun berada, ” katanya.

Terkait pelaksanaan kuliah model ini, pihak UMP sudah mempersiapkan infrastrukturnya di setiap ruang kuliah program studi. Wakil Rektor I UMP Bidang Akademik dan Kerja Sama, Aman Suyadi, membuktikan kegiatan kuliah secara hibrida ini dilaksanakan di seluruh fakultas dan program menuntut yang ada di UMP.

Namun mengenai minat akan mengikuti kegiatan kuliah tatap membuang atau online, diserahkan di dalam masing-masing mahasiswa. Menurutnya, tidak ada paksaan bagi mahasiswa tertentu untuk ikut belajar tatap muka atau online.

“Yang bisanya mengikuti kuliah dengan online, dipersilakan mengikuti kuliah secara online. Yang mau datang ke kampus serupa dipersilakan, hanya syaratnya kudu disiplin prokes dan suntuk ruang kuliah hanya terisi 20 persen dari kapasitas normal, ” jelasnya

Terkait peizinan, Damai menyatakan, UMP telah mengajukan perizinan ke Satgas Pengerjaan Covid-19 Kabupaten Banyumas. ”Kami tetap harus mengajukan kerelaan, karena kegiatan kuliah tetap harus dilaksanakan dengan menggubris protokol kesehatan, ” sekapur dia.